Mengenal Korea Selatan Lebih Dekat

kr

Apa kalian tahu negara ginseng? atau kalian tahu negara asal perusaan Samsung? Gangnam Style? PSY? yups, semuanya berkaitan dengan satu negara yaitu Republik Korea atau Korea Selatan.

Pada kesempatan kali ini, aku akan share beberapa info menarik seputar Korea Selatan. Kalian penasaran? langsung saja, check itu out..

Korea

data=RfCSdfNZ0LFPrHSm0ublXdzhdrDFhtmHhN1u-gM,xLyeBjlL5eIyj0vKWG2T-65Hp1kDUIdi1JB2d7iyS4Uiviv6sSWJYjgOYepwTUHLc2fcg4mH6siEDss_6RZdTLSofhZrcV9VJzI2unTzEEvCausZ3UowOlRSRpKilsNBDyDiJPa3m8HefIvTlN8hj4CsIAhKAq34Dsf8SyBQYrVfzkb9uw

Korea merupakan sebuah semenanjung di Asia Timur antara Tiongkok dan Jepang. Nama “Korea” diambil dari nama dinasti Korea yang terkenal yaitu Goryeo, dalam bahasa Tionghoa dilafalkan Gao-li dan penyebutan itu menyebar ke para pedagang timur Tengah dan lama kelamaan penyebutannya menjadi “Korea”. Di Republik Korea, “Korea” berarti Hanguk yang merupakan singkatan dari Dae Han Min Guk.

Umur Korea

Jika berbicara mengenai umur, jangan kaget jika kalian menemukan umur kalian bertambah 1 atau 2 tahun dalam umur Korea karena Korea memiliki sistem umur yang berbeda dari kebanyakan negara. Pada umumnya, bayi yang baru dilahirkan belum memiliki umur tetapi di Korea bayi tersebut sudah berumur 1 tahun dan umur di Korea bertambah bukan pada waktu berulang tahun tetapi pada perayaan Tahun Baru China, seluruh rakyat Republic Korea akan bertambah 1 tahun umurnya pada tanggal tersebut misalnya Adel dilahirkan pada tanggal 31 Desember 2016, besoknya tanggal 1 Januari 2017 yang bertepatan pada perayaan Tahun Baru China yang berarti umur Adel bertambah 1 tahun menjadi 2 tahun.

Hangeul, Sistem Penulisan di Korea

hanja2.jpg

Walaupun Hangeul digunakan sebagai sistem penulisan sering ditemukan huruf-huruf yang bukan huruf Hangeul di toko-toko maupun rumah di Korea Selatan. Huruf tersebut merupakan tulisan China yang disebut hanja/hanmun yang memiliki bentuk, sistem penulisan maupun jenis alfabet yang berbeda dari Hangeul. Hanja ini memiliki sistem yang terbilang rumit bagi orang awam jika Hangeul termasuk jenis alfabetis yaitu kumpulan aksara yang dalam satu karakter mewakili satu huruf, semisal huruf latin yang kita gunakan sekarang ini. Hanja termasuk jenis logogram yaitu kumpulan aksara yang satu karakter mewakili sebuah kata atau suku kata yang pada zamannya hanya para bangsawan dan pelajar yang mampu membacanya sedangkan para rakyat jelata sulit bagi mereka untuk memmpelajarinya bahkan huruf hanja didasarkan pada dialek orang China yang berbeda dengan Korea. Maka, diciptakanlah hangeul oleh raja sejong yang didasarkan pada dialek Korea dengan bantuan para sarjana di tahun 1443 dan baru pada tahun 1446 mengumumkan hunmunjeongeum yang artinya suara yang tepat untuk diajarkan kepada rakyat dan setiap tanggal 9 Oktober di Korea diperingati sebagai hari Hangeul.

Huruf-Angul-dalam-pelajaran-di-sekolah-SD-Beritaempat

Oh iya, ada satu fakta menarik lho mengenai Hangeul dan Indonesia. kamu tahu suku cia cia? Di kota bau bau, selatan pulau Buton, Sulawesi tenggara? Mereka menggunakan Hangeul sebagai sistem penulisan abjad mereka yang sebelumnya menggunakan huruf Arab “gundul” lho. Sistem penulisan ini diresmikan pada tahun 2009 dengan berpedoman pada buku teks yang dihasilkan oleh persatuan Hunminjeongeum. Institute tersebut telah bertahun-tahun bertungkus-lumus menyebarkan penggunaan abjad Korea ke kaum minoritas yang tiada sistem penulisan sendiri.

Itulah beberapa info mengenai Korea Selatan. Bagaimana kalian sudah merasa mengenal Korea Selatan lebih dekat? semoga beberapa info tadi akan membuat kalian lebih mengenal Korea Selatan ya…


Terima Kasih. Kamsahamnida. Annyeong!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s